Sebagai pengguna komputer harian, seringkali saya kerepotan dengan fitur Windows Explorer. Memang sih, kita bisa membuka beberapa windows explorer, kemudian menggunakan shortcut Alt + Tab untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Akhirnya saya menemukan alternatif pengganti windows explorer, namanya Q-Dir. Beberapa fitur yang membuat saya terpikat, diantaranya:

  • Memundahkan manajemen file/folder
  • Quad windows explorer (4 windows explorer dalam satu layar), bisa juga diatur untuk tampilan lain.
  • Tidak hanya mengakses lokal hard drive, tapi juga usb, network drive, dvd/cd drive, dll
  • Bisa tidak di install (hanya menjalankan aplikasinya saja), portable (bisa dicopy ke flashdisk kemudian dijalankan di komputer/laptop lain)
  • Gratis!
terimakasih Q-Dir, sekarang saya tidak perlu sering-sering menekan tombol Alt-Tab lagi.

Contoh Screenshot Q-Dir

Saya menggunakan Q-Dir pada sistem operasi windows 7 ultimate, tapi Q-Dir bisa digunakan juga di sistem operasi lain, seperti: Windows 8, Windows Vista, Windows XP.

bagi yang tertarik, silahkan download Q-Dir di sini.