Bagi blogger pemula dengan kemampuan Web Developer terbatas yang sampe saat ini cuma bisa pakai template gratisan seperti saya, ada satu pertanyaan yang perlu dijawab: aman kah template yang saya pakai?

Rasanya kok tidak mungkin sekali kita harus menunggu sampai mempunyai ilmu HTML, CSS, dan Javascript yang mumpuni untuk menjawab pertanyaan tersebut. Okelah, misal saya sudah menguasai perihal ketiga cabang ilmu tadi, tapi perihal virus dan malware kan ada di cabang ilmu yang berbeda. Apalagi semua cabang ilmu tersebut berkembang sangat cepat.

Akhirnya saya cukup puas dengan fitur gratis dari Sucuri.net, website kita bisa di scan secara online, mudah dan cepat. Penasaran? berikut caranya:
Website http://Sitecheck.Sucuri.net
  1. Kunjungi website Sucuri.
  2. Masukkan alamat website yang ingin diperiksa dari malware.
  3. Tekan tombol Scan Website
Tinggal tunggu sejenak, kitapun langsung mendapatkan hasilnya. 
Hasil Scan 
Website Detail
Blacklist Status
Okelah, sebetulnya tiga langkah tadi juga terlalu berlebihan kalau harus saya sebutkan satu-persatu, tapi intinya adalah: bila kita menggunakan template gratisan, atau template yang seharusnya berbayar tapi kita download secara gratis, maka ada baiknya kita periksa dulu keamanannya. Terimakasih Sucuri.net, iya nih, memang harus kita sukuri.