nama Telegram mencuat tatkala WhatsApp menjadi aplikasi berbayar. Tidak hanya gratis, tapi aplikasi chatting ini juga menawarkan berbagai macam kelebihan, diantaranya:

  • Enkripsi (obrolan via chat kita di enkripsi, bahkan ada timer untuk self destruct)
  • Group Chat sampai dengan 200 anggota
  • Chatting yang tersinkronisasi via Android, Iphone/Ipad, Windows Phone, versi Web, Mac OS X, kemudian versi Desktop untuk PC/Linux/Mac. Iya, artinya kita bisa menggunakan Telegram hampir dari device apapun.
  • menyimpan file di Cloud
  • menyediakan API dan Protokol gratis, sehingga memungkinkan kita membuat aplikasi Telegram kita sendiri
  • Bisa untuk mengirim file sampai dengan 1,5 GB via chatting
Nah, saya tertarik dan baru saja menguji fitur yang terakhir saya sebutkan, ketika dirilis tanggal 1 Februari kemarin.

Perangkat yang saya gunakan:
- Android Picophone X1 dengan OS Jelly Bean 4.1.2
- Telegram versi 2.4.0 yang bisa di download via Google Play Store.

ketika mencoba mengirim film sebesar 1,1 GB ternyata muncul pesan dari Telegram bahwa besar file tidak boleh melebihi 1GB. Akhirnya saya mencoba mengirim file sebesar 864,9 MB ke teman saya si Gendonk.

File tersebut saya kirim pukul 22:34 WIB, dan baru diterima oleh Gendonk pada pukul 05:10 WIB (membutuhkan waktu 6 jam 36 menit untuk mengirim file sebesar 860 Mega Byte).

Oh iya, koneksi yang saya gunakan adalah Speedy dengan upstream 0,22 Mbps. Jadi, apakah waktu yang dibutuhkan tersebut termasuk lama? mari kita hitung.

satuan file di atas adalah 860 Mega Byte, artinya 860 x 8 Mega bit = 6.880 Mega bit = 6.880.000.000 bit

kecepatan upload saya adalah 0,22 Mbps = 0,22 Mega bit per detik = 0,22 x 1.000.000 bit = 220.000 bit per detik

dengan membagi 6.880.000.000 bit dengan 220.000 bit per detik didapatkan 31.272 detik, alias 521,2 menit atau 8,6 jam.

ternyata setelah dihitung dengan overhead 10% hasilnya memang kurang lebih segitu. Kesimpulan: fitur baru Telegram untuk mengirim file memang masih tergantung koneksi internet, tapi bisa menjadi salah satu alternatif mengirim file yang ukurannya cukup besar.