Saat ini, sistem operasi windows terbaru adalah 8.1 update 1, namun saya masih saja setia menggunakan windows xp sp 3. iya, saya memang orang yang setia.

Sejak desember 2013, saya akhirnya beralih menggunakan hp android (Axioo Picopad 4 GDK yang dilengkapi dengan os Jelly Bean), delapan bulan kemudian, saya baru memiliki kebutuhan untuk terhubung ke internet melalui hp (tether) android saya. Maklum, habis pindahan, dan di tempat baru belum ada koneksi internetnya.

Biasanya, saya tether hp saya itu ke laptop (os ubuntu 12.04), tinggal colok kabel usb nya, aktifkan menu tether di android, beres. Lain halnya ketika saya mau tether ke pc saya yang masih windows xp sp 3 tadi. Windows hanya bisa mengenali android sebagai media penyimpanan, memang sih, file-file yang berada di media card hp, bisa di browse dengan normal melalui windows explorer.

Tapi tidak begitu untuk urusan tethering. ketika saya hubungkan android dan windows xp sp 3, si windows meminta saya untuk menginstall driver. Seperti yang sudah diduga, fitur mencari driver otomatis di windows xp memang rada sedikit terbelakang, hasilnya: nihil. Kemudian saya berusaha mencari dus hp axioo. Ketemu. Harap-harap cemas ada dvd mungil isi driver, ternyata nihil juga. #sedang #apess.

setelah semedi mencari wangsit, saya menemukan kasus yang serupa tapi tak sama. Bedanya, penulis tersebut menggunakan hp Samsung Galaxy S2. Memang tidak disebutkan, os android dan windows nya versi berapa, tapi berdasarkan hotfix dari microsoft, penulis tersebut mungkin menggunakan xp sp2 atau sp3. Setelah mencoba memahami sedikit apa itu RNDIS, saya mengambil kesimpulan, teknologi tersebut memungkinkan berbagai macam hp bisa menggunakan satu driver saja untuk tethering ke windows xp.

Konfigurasi awal yang saya coba cukup seadanya. artinya, pas kebetulan ngeliat ada kabel usb blackberry, ya saya pake kabel itu. step berikutnya, di depan mata ada usb hub sederhana (dari satu usb port, jadi 2 interface usb dan 1 micro usb), saya hubungkan kabel usb blackberry ke usb hub, kemudian ke hp android saya.

Semua step saya ikuti dengan perlahan dan seksama untuk menginstall driver thetherxp.inf, hasilnya gagal. Saya baca ulang referensi yang tadi, sambil mencari referensi lain. Akhirnya ada statement bahwa saya harus menggunakan kabel usb original bawaan dari hp.

Sayapun mengubah konfigurasi, kabel usb original saya hubungkan langsung dengan port usb motherboard (tanpa melalui usb hub), baru ke hp android. Semua step untuk menginstall driver saya ulang lagi, gagal. Saya ulang sekali lagi, dan baru berhasil.

cihui. sudah bisa tethering android ke windows xp sp3. lumayan buat browsing-browsing. 

Problem berikutnya muncul ketika saya matikan fitur tether dari android, saya cabut kabel usb nya, dan sewaktu saya koneksikan kembali, windows xp diam, anteng-anteng saja, seolah tidak ada device apapun yang barusan dikoneksikan. Windowsnya perlu direstart supaya bisa tethering lagi.

Ternyata memang butuh hotfix KB959765. Setelah request link download ke microsoft, tidak sampai 5 menit, link tersebut dikirim ke email. Langsung saja saya install dan restart pc. akhirnya beres. sekarang sudah bisa cabut colok hp untuk tether tanpa perlu restart.

cihui!