Coba kita pikirkan sejenak, adakah barang yang kita temui sehari-hari dan kita kesulitan mencari yang buatan China nya? Ditengah proses berpikir tersebut, satu hal yang menarik perhatian saya: pembangunan terminal 3 bandara internasional Bao'an di Shenzen dilakukan oleh  Fuksas, studio arsitek dari Italia1 yang juga memiliki kantor di China dan Prancis.

Bandara Internasional Bao’an adalah bandara internasional terbesar ke empat di China2, setelah Beijing, Shanghai, dan Guangzhou.  Massimiliano dan Doriana Fuksas sepasang suami istri pemilik Fuksas Studio, memenangkan kompetisi desain proyek internasional ini pada tahun 2008.

Gambar 1
Gambar 1. Bandara Internasional Bao'an

Terminal 3 Bandara Internasional Bao’an sudah dibuka untuk umum pada 28 november 2013 tahun lalu3. Dengan panjang 1,5 kilometer dan luas bangunan  500.000m2, bangunan ini menjadi single public building terbesar di Shenzen4. Pembangunannya, diperlukan biaya sebesar 374 juta Euro (sekitar  5,845 Trilyun), termasuk di dalamnya proses “menyingkirkan” laguna.

                             
Gambar 2. Interior Bandara Internasional Bao'an

Karena proyek ini, Fuksas akhirnya bisa membuat variasi software Rhino CAD (software arsitektur) untuk mensimulasi bagaimana sinar matahari dari terbit sampai tenggelam, dan bagaimana sinar cahaya matahari memasuki interior gedung yang di desain.  Dengan software ini, mereka bisa mengatur ketebalan lempengan alumunium yang digunakan untuk membangun gedung ini. Bagian utara bangunan adalah yang paling tipis. Selain itu, ada 58.000 panel kaca yang bisa diatur untuk memasukan atau memblok sinar matahari.

Gambar 3. Panel Kaca Bandara Internasional Bao'an

Bentuk gedung ini terinspirasi dari Manta Ray, sejenis ikan yg biasa disebut devilfish karena bentuknya menyerupai tanduk setan. Fuksas juga bertanggung jawab untuk perluasan fase 2 dan 3 yang ditargetkan selesai tahun 2025 dan 2035.

Satulagi perusahaan Italia yang menarik perhatian saya adalah Cimolai. Perusahaan ini didirikan oleh Armando Cimolai dan istrinya pada tahun 1949. Awalnya, usaha ini hanya laboratorium sederhana yang membuat jembatan dan jendela dari besi baja. Tapi jangan salah, saat ini, Cimolai adalah market leader di dunia5.

                             
Gambar 4. Lock Gates Buatan Cimolai

Pada proyek perluasan Terusan panama untuk menambah jalur yang ketiga (proyek 8 tahun senilai 3,2 trilyun poundsterling), Cimolai  didaulat untuk memproduksi 16 lock gates.  Satu lock gates tingginya sekitar 30m, beratnya 3100 ton, dengan biaya pembuatan, transport dan pemasangan sekitar 21 juta poundsterling6.

Dua perusahaan di atas, sama-sama dimiliki oleh pasangan suami istri, bisa menjadi perusahaan kelas dunia. Dua perusahaan diatas, menambah perbendaharaan saya tentang perusahaan italia, selain Alfa Romeo, Ferrari, Lamborgini, Gucci dan Piaggio7.


Catatan kaki:
1 Shenzen’s  Light New Flight Hub, majalah WIRED UK, edisi April 2014 halaman 16
6 Installing Panama’s burly Gates, majalah WIRED UK, edisi april 2014 hal 34
7 Menurut narasumber yang terkadang bisa dipercaya
8 Gambar 1,2 dan 3 diambil dari website Fuksas.it
9 Gambar 4 diambil dari http://worldmaritimenews.com/archives/91632/massive-new-gates-for-expanded-panama-canal-arrive-in-panama/