Aku resmi jadi editor, pagi tadi,
yah gitu deh, setelah kemaren kerjain soal-soal testnya, trus tadi kerjaanku sama kuri di cek bareng sama pak Sudarmanto. Yah, maklumlah, masih pemula, jadi masih ada salah disana sini. Tapi sayangnya, bagian VI nya, dimana isinya tentang karangan indah jadi editor, justru nggak di cocokin. Hm..padahal dari semua bagian itu, aku paling merasa bisa dan all out disitu, ee...kok malah nggak diperiksa sama sekali.
wah, ternyata penulis buku pelajaran TI nya ini rada-rada terbelakang sedikit kali ya ? atau karena dia susah milih bahasa, atau gimana ? wah, aku sih yakin anak-anak bitmap kalo disuruh nulis buku, hasilnya bisa jauh lebih bagus. Ini baru buku pelajaran TI, belum buku pelajaran yang lain. Beda sama buku pelajaran di luar negri, disono textbook, kebenarannya udah nggak diragukan lagi, sedangkan disini ? Mungkin disitulah aku harus ambil peranan, buat nutupin dimana kayaknya ada yang kurang. Tapi setelah liat-liat, kalo ngikutin cara perfeksionisku, itu buku mesti dirombak total. Mungkin ekstrim, cuman aku masih kurang ngerasa sreg dengan pembawaan dan gaya bahasa penulisnya.
anyway, tadi kelas berjalan dengan lumayan, anak-anak pada pusing semua ngitunin NOL dan SATU, soalnya pelajaran hari ini tentang IP addressing, jadi lakon utamanya nggak jauh-jauh dari konversi dari desimal ke binary.
salah satu temenku yang kerja di ATL, sebentar lagi mau berangkat ke jepang. Dia emang udah dari kecil pengen ke jepang, dan bahasa jepangnya udah fasih banget. Dia suka programming juga, dan tebak coba, di jepang dia kerjanya juga dibidang yang dia suka. Nahh itu namanya orang yang punya impian, dan tau gimana cara capainya. Well, selamat jalan Jon, ntar gw titip koleksi nya Akira Fubuki dll...yah hihihihhi....
Salah satu pesen si Joni adalah, jangan pernah berhenti ngajarin orang. Karena ngajarin orang itu nggak kayak ngasih duit. Kalo ngasih duit kan duit kita bisa abis, tapi kalo ngajarin orang, ilmu kita justru bertambah. Jadi , kalo ada orang yang bilang, dengan ngajarin orang lain dia justru jadi bodoh, wah berarti orang ini bahkan nggak tau esensi nya belajar itu apa, bisa jadi sekarang nilai akademisnya bagus, tapi orang kayak gini nggak bakalan sukses di dunia, percaya deh !
sedangkan apa yang disampein ko AE, kali ini aku diingetin tentang apa yang sering aku bilang ke anak-anak juga, jadi belajar itu nggak kayak belajar silat atau ilmu perdukunan, atau kebatinan, kalo di dunia persilatan, murid pasti nggak bakalan dapet semua ilmu gurunya, karena si guru pasti masih nyimpen jurus rahasia dan jurus pemungkas yang bisa dipake buat ngalahin muridnya, kalo sewaktu-waktu muridnya ini bertingkah. Jadi kalo ditulis dengan angka, bisa jadi guru pertama itu nilai ilmunya 100, trus muridnya jadi 99, trus muridnya dia lagi jadi 89..dann terusss menurun. Makannya nggak heran, orang jaman sekarang mana ada yang sakti-sakti kayak orang jaman dulu ? bisa idup ratusan taun dan masih sehat walafiat.
nahh, kalo ngajar, justru nilai kita bisa meningkat. dari 100, bisa jadi 101, 102 dan seterusnya, seiring dengan jam terbang ngajar kita. Kalo aku bilang sih, eksistensinya kita sebagai orang yang ngajarin itu adalah, kita harus bisa bikin orang yang kita ajarin jadi lebih pinter dari kita. Jadi seorang guru kalo bisa bikin muridnya lebih pinter, itu baru guru yang hebat.
yah kira-kira gitu deh hari ini, ingat diatas langit masih ada langit, diatas kamarku...uppss ada sarang laba-laba lho....;p
!
ip zubnet-zero
interface Me
ip address 127.0.0.1 sleep.sleep.sleep.sleep
clockrate 56000
no shut
!
end configuration
!
yah gitu deh, setelah kemaren kerjain soal-soal testnya, trus tadi kerjaanku sama kuri di cek bareng sama pak Sudarmanto. Yah, maklumlah, masih pemula, jadi masih ada salah disana sini. Tapi sayangnya, bagian VI nya, dimana isinya tentang karangan indah jadi editor, justru nggak di cocokin. Hm..padahal dari semua bagian itu, aku paling merasa bisa dan all out disitu, ee...kok malah nggak diperiksa sama sekali.
wah, ternyata penulis buku pelajaran TI nya ini rada-rada terbelakang sedikit kali ya ? atau karena dia susah milih bahasa, atau gimana ? wah, aku sih yakin anak-anak bitmap kalo disuruh nulis buku, hasilnya bisa jauh lebih bagus. Ini baru buku pelajaran TI, belum buku pelajaran yang lain. Beda sama buku pelajaran di luar negri, disono textbook, kebenarannya udah nggak diragukan lagi, sedangkan disini ? Mungkin disitulah aku harus ambil peranan, buat nutupin dimana kayaknya ada yang kurang. Tapi setelah liat-liat, kalo ngikutin cara perfeksionisku, itu buku mesti dirombak total. Mungkin ekstrim, cuman aku masih kurang ngerasa sreg dengan pembawaan dan gaya bahasa penulisnya.
anyway, tadi kelas berjalan dengan lumayan, anak-anak pada pusing semua ngitunin NOL dan SATU, soalnya pelajaran hari ini tentang IP addressing, jadi lakon utamanya nggak jauh-jauh dari konversi dari desimal ke binary.
salah satu temenku yang kerja di ATL, sebentar lagi mau berangkat ke jepang. Dia emang udah dari kecil pengen ke jepang, dan bahasa jepangnya udah fasih banget. Dia suka programming juga, dan tebak coba, di jepang dia kerjanya juga dibidang yang dia suka. Nahh itu namanya orang yang punya impian, dan tau gimana cara capainya. Well, selamat jalan Jon, ntar gw titip koleksi nya Akira Fubuki dll...yah hihihihhi....
Salah satu pesen si Joni adalah, jangan pernah berhenti ngajarin orang. Karena ngajarin orang itu nggak kayak ngasih duit. Kalo ngasih duit kan duit kita bisa abis, tapi kalo ngajarin orang, ilmu kita justru bertambah. Jadi , kalo ada orang yang bilang, dengan ngajarin orang lain dia justru jadi bodoh, wah berarti orang ini bahkan nggak tau esensi nya belajar itu apa, bisa jadi sekarang nilai akademisnya bagus, tapi orang kayak gini nggak bakalan sukses di dunia, percaya deh !
sedangkan apa yang disampein ko AE, kali ini aku diingetin tentang apa yang sering aku bilang ke anak-anak juga, jadi belajar itu nggak kayak belajar silat atau ilmu perdukunan, atau kebatinan, kalo di dunia persilatan, murid pasti nggak bakalan dapet semua ilmu gurunya, karena si guru pasti masih nyimpen jurus rahasia dan jurus pemungkas yang bisa dipake buat ngalahin muridnya, kalo sewaktu-waktu muridnya ini bertingkah. Jadi kalo ditulis dengan angka, bisa jadi guru pertama itu nilai ilmunya 100, trus muridnya jadi 99, trus muridnya dia lagi jadi 89..dann terusss menurun. Makannya nggak heran, orang jaman sekarang mana ada yang sakti-sakti kayak orang jaman dulu ? bisa idup ratusan taun dan masih sehat walafiat.
nahh, kalo ngajar, justru nilai kita bisa meningkat. dari 100, bisa jadi 101, 102 dan seterusnya, seiring dengan jam terbang ngajar kita. Kalo aku bilang sih, eksistensinya kita sebagai orang yang ngajarin itu adalah, kita harus bisa bikin orang yang kita ajarin jadi lebih pinter dari kita. Jadi seorang guru kalo bisa bikin muridnya lebih pinter, itu baru guru yang hebat.
yah kira-kira gitu deh hari ini, ingat diatas langit masih ada langit, diatas kamarku...uppss ada sarang laba-laba lho....;p
!
ip zubnet-zero
interface Me
ip address 127.0.0.1 sleep.sleep.sleep.sleep
clockrate 56000
no shut
!
end configuration
!
Post a Comment